Belajar Bahasa Jambi - Indonesia

Belajar Bahasa Jambi dengan Mudah


gentala arasy


minuezie- Seperti yang kita ketahui. Indonesia memiliki berbagai macam budaya dan berbagai macam suku, bahkan bisa ratusan suku. Dalam berbagai macam suku dan budaya tersebut masing-masing memiliki bahasa yang berbeda-beda. Bayangin temen-temen, di negara kita ini memiliki ratusan bahasa yang berdeda-beda. Sungguh admin bangga jadi warga negara Indonesia. Selain dari kekayaan Alamnya, tapi juga karena berbagai macam bahasanya.
Dari berbagai macam bahasa, saya mau memperkenalkan kepada teman-teman semua salah satu bahsa daerah yang ada di Negara kita ini, yaitu Bahasa Jambi.

Kenapa bahasa Jambi?
Saya sendiri adalah asli suku Jawa. Tapi saya berdomisili di Jambi, saya lahir di jambi, dari orang tua saya pun juga lahir di Jambi. Oleh karena itu saya sangat mengerti dan mengenal Bahasa Jambi.
Dimasing-masing daerah di Jambi sendiri berbeda-beda bahasanya. Tapi kali ini saya hanya akan memperkenalkan secara umum bahasa Jambi yang digunakan di Kota Jambi.

Baik langsung saja, pada dasarnya bahasa Jambi (di Kota Jambi) tidak terlalu susah dan hampir mirip dengan bahasa indonesia. Hanya saja terkadang ada kata-kata yang huruf akhirannya di ganti dengan huruf "O".

Contoh:
             Saya       = Sayo
             Dia         = Dio
             Di Mana = Di Mano
             Bila        = Bilo
             Kemana = Kemano
Begitulah penyesuaian bahasa Jambi dengan bahsa Indonesia. Hampir sama bukan?

Adalagi kata-kata yang terkadang kita hanya perlul merubah sedikit saja agar sesuai dengan bahasa Jambi

Contoh:
             Telor = Telok
             Satu  = Sikok
             Air    = Aek
             Kamu= Kau 
             Pergi = Pegi

Nah, dibawah ini adalah contoh kalimat bahasa Indonesia yang diartikan dalam Bahasa Jambi.

Indonesia = Mau pergi ke mana kamu?
Jambi       = Nak pegi kemano kau?

Indonesia = Saya mau beli telur satu
Jambi       = Sayo nak beli telok sikok


Begitulah teman-teman sedikit tentang pemahaman bahasa Jambi. Agak gampang-gampang susah sih bagi yang baru mengenal Jambi.
Tambahan dari saya jika teman-teman mau lihat video saya di YouTube mengenai belajar bahasa Jambi. Klik link di bawah ini.


Terimakasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa buat Subscribe atau langganan blog ini agar teman-teman bisa terus dapet update artikel yang bermanfaat.
Previous
Next Post »