Laporan Genetika - Peranan Gen Yang Dipengaruhi Oleh Seks

PERANAN GEN YANG DIPENGARUHI SEKS



sumber: sainsmedia.com


Abstrak

Praktikum dengan judul Peranan Gen Yang Dipengaruhi Seks, yakni Jenis kelamin (seks) kita merupakan salah satu karakteristik fenotipe kita yang lebih nyata. Meskipun perbedaan anatomis dan fisiologis antara pria dan wanita banyak. Dasar komponen seksnya sedikit lebih sederhana pada manusia dan manusia lain seperti pada lalat buah. Ada dua varietas kromosom seks yang dilambangkan simbol X dan Y. Praktikum ini dilaksanakan pada hari sabtu,3 desember 2012 bertepat di laboratorium pmipa universitas jambi


Kata Kunci : Gen, Peranan gen, Seks


PENDAHULUAN

Gen dominan biasanya memperlihatkan pengaruhnya pada individu laki-laki/jantan maupun perempuan/betina. Baru dalam keadaan homozigotik resesif, pengaruh dominan itu tidak akan menempatkan diri dalam fenotip.

Disisni adapun gen-gen yang dominansinya bergantung dari jenis kelamin individu. Salah satunya adalah panjang jari telunjuk. Apabila kita meletakkan tangan kanan atau kiri kita pada suatu alas dimana terdapat seuah garis mendatar demikian rupa sehingga ujung jari manis menyentuh garis tersebut, maka dapat kita ketahui, apakah jari telunjuk kita akan lebih panjang atu lebih pendek dari pada jari manis.

Jari telunjuk pendek disebabkan oleh gen yang dominan pada laki-laki, tetapi resesip pada perempuan. Kegiatan gen ini menjadi sebagai berikut:

Genotip


Laki-laki


Perempuan


TT
Telunjuk pendek
Telunjuk pendek


Tt
Telunjuk pendek
Telunjuk panjang


Tt
Telunjuk panjang
Telunjuk panjang

Cara penurunan gen ini sama dengan cara penurunan gen kepala botak ( Suwiryo,1998).
Selain gen-gen yang terdapat pada kromosom kelamin dikenal pula gen-gen yang dipengaruhi oleh jenis kelamin. Sifat akan tampak dikedua jenis kelamin, tetapi salah satu jenis kelamin menampakkan ekspresi yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kelamin lainnya. keadaan yang demikian disebut dengan sex influence genes atau biasa disebut dengan gen yang dipengaruhi jenis kelamin.

Gen adalah segmen segmen DNA, bahwa DNA adalah suatu polimer yang terdiri dari empat jenis monomer yang berbeda yang dinamkan nukleotida. Penurunan sifat sifat herediter memiliki basisi molekuler yaitu raplikasi persis DNA, dan menghasilkan salina salinan gen yang dapat diteruskan dari orang tua ke keturunannya. Pada hewan dan tumbuhan, pengiriman gen dari generasi ke generasi selanjutnya ini dilakukan oleh sperma dan ovum (telur yang belum dibuahi). Setelah sperma bersatu (sel telur tunggal) maka gen dari kedua orang tuanya hadir dalam nucleus dari telur yang telah dibuahi tersebut.DNA dari suatu sel eukarotik dibagi lagi menjadi kromosom di dalam nucleus tersebut (Campbell, 2000).

Apabila kita meletakkan tangan kanan atau kiri kita pada suatu alat dimana terdapat sebuah garis mendatar yang sedemikian rupa sehingga ujung jari manis menyentuh garis tersebut, maka dapat kita ketahui apakah jari telunjuk kita akan lebih panjang atau lebih pendek dari jari manis. Pada kebanyakan orang,ujung jari telunjuk tidak akan mencapai garis itu, berarati bahwa jari telunjuk lebih pendek dari jari manis.jari telunjuk pendek disebabkan oleh gen yang dominan pada orang laki laki dan resesif pada orang perempuan (Suryo, 2004).


TUJUAN

Adapun tujuan dari praktikum ini adalah Menetapkan genotip diri sendiri berdasarkan perbandingan panjang jari telunjuk dan jari manis


BAHAN DAN METODE

Bahan yang di gunakan antara lain alat tulis, jari praktikan dan penggaris.

Prosedur kerja yang pertama di buat garis horizontal yang jelas pada selembar kertas, dan di letakkan tangan kanan atau kiri di atas kertas tersebut sedemikian rupa sehingga ujung jari telunjuk tepat menyinggung garis horizontal. Di bubuhkan tanda dimana letak jari telunjuk dan jari manis. Selanjutnya di tentukan kemungkinan genotip praktikan


HASIL DAN PEMBAHASAN



Tabel diatas adalah hasil dari pengamatan kelompok kami, dapat dilihat bahwa yang memiliki genotip Tt atau telunjuk panjang hanyalah risqha , selebihnya memiliki genotip TT atau telunjuk pendek. Demikian yang genotip yang lebih dominan adalah telunjuk pendek (TT).

Persentase frekuensi fenotif untuk laki-laki bertelunjuk pendek (TT dan Tt) adalah 100%, dan untuk perempuan bertelunjuk pendek (TT) persentasenya adalah 85%. Sedangkan frekuensi fenotif untuk laki-laki bertelunjuk panjang (tt) adalah 0%, dan untuk perempuan bertelunjuk panjang (Tt dan tt) adalah 0%.

Sedangakan Untuk frekuensi genotifnya, persentase genotif untuk perempuan telunjuk pendek (TT) adalah 80%, telunjuk panjang (Tt) adalah 20%, dan telunjuk panjang (tt) adalah 0%. Sehingga jumlah genotif total pada perempuan bertelunjuk pendek (TT) adalah 3 dan perempuan bertelunjuk panjang (Tt dan tt) adalah 1. Persentase genotif untuk laki-laki telunjuk pendek (TT) adalah 100%, telunjuk pendek (Tt) adalah 0%, telunjuk panjang (tt) adalah 0%. Jumlah genotif total untuk laki-laki bertelunjuk pendek (TT dan Tt) adalah 2 dan laki-laki bertelunjuk panjang (tt) adalah 0.

Menurut teori Stansfield (1991), bahwa gen-gen yang mengatur berbagi sifat yang dipengaruhi seks, dapat terletak pada autosom mana saja atau pada bagian homolog dari kromosom seks. Ekspresi dominasi atau resesif oleh alel, lokus lokus yang dipengaruhi perbedaan lingkungan internal yang disebabkan oleh hormone seks.

Menurut Suryo (1996) Apabila kita meletakkan tangan kanan atau tangan kiri kita pada suatu alas dengan garis mendatar Maka dapat kita lihat apakah jari telunjuk akan lebih panjang atau lebih pendek dibandingkan dengan jari manis. Kebanyakan orang ujung jari telunjuk tidak akan mencapai garis itu, berarti bahwa jari telunjuk lebih pendek dari pada jari manis. Jari telunjuk pendek disebabkan oleh gen yang dominan pada orang laki-laki, tetapi resesif bila pada perempuan.



KESIMPULAN

Dari praktikum yang telah di lakukan maka dapat di beri kesimpulan bahwa gen-gen yang mengatur berbagi sifat yang dipengaruhi seks, dapat terletak pada autosom atau pada bagian homolog dari kromosom seks.

Genotip praktikan berdasarkan perbandingan panjang jari telunjuk dan jari manis adalah TT (telunjuk pendek)






DAFTAR PUSTAKA

Klik DISINI untuk melihat Daftar Pustaka
Previous
Next Post »