Fakta Tentang Matahari Yang Perlu Kamu Ketahui

Assalaamu'alaikum-, Alhamdulillah masih bisa menulis artikel pada kesempatan kali ini. Pada teman-teman yang baik hati. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan yang saya dapat dari seseorang. Namun bagi yang mungkin teman-teman sudah pada tau tentang ini anggap saja kita flashback biar lebih wah. hehe
Oke. Intro kita dimulai dari galaxy. apa itu galaxy? Galaxy adalah ciptaan Tuhan. Sesuatu sistem yang sangat besar yang terdiri atas triliunan bintang-bintang dan triliunan planet-planet kemudian dilengkapi material yang terdiri atas materi-materi antar bintang, gravitasi, neuron, gas, kosmos Cosmos dan lain sebagainya. "agak njelimet sih...pokoknya itu deh"
Di dalam Galaxy terdapat salah satu bintang yang sering kita sebut Matahari. Nah loh? "bintang kok matahari" matahari kok bintang"  oke biar tidak bingung, kita lanjut baca....

Matahari-Terkadang kita maupun manusia secara umumnya salah dalam mengartikan Matahari. 
Memang pada dasarnya Matahari itu adalah tata surya untuk bumi, dan tempat mengorbitnya planet-planet yang sering kita pelajari di sekolah dari merkurius sampai ke pluto. Namun sebenarnya Matahari itu juga termasuk dalam bintang. Ya--semua yang bercahaya di alam Galaxy ini disebut bintang.
Jadi Matahari atau Sun adalah sebutan dari Bintang yang berperan sebagai tata surya Bumi.

Adakah yang lebih besar dari matahari? 

Banyak manusia beranggapan bahwa bintang matahari adalah yang paling besar di Galaxy atau alam semesta ini. It's Wrong.
Di Galaxy ini ada yang lebih besar daripada bintang matahari bahkan 1300 kali lebih besar dan lebih panas.

Kita pasti sering melihat bintang-bintang pada malam hari. nah diantara sejuta bintang yang kamu lihat pasti ada ratusan bintang yang lebih besar daripada bintang matahari. apa itu?

1. Bintang Sirius, bintang ini 20 kali lebih besar daripada bintang matahari.
Sirius merupakan bintang yang sangat cerah. Sirius dapat dilihat hampir di semua tempat di permukaan Bumi kecuali oleh orang-orang yang tinggal pada lintang di atas 73,284° utara. Saat terbaik untuk dapat melihat bintang ini adalah sekitar tanggal 1 Januari, dimana dia mencapai meridian pada tengah malam.
Sama seperti bintang matahari, bintang Sirius juga berperan sebagai tata surya planet-planet yang ada di galaxy.
sirius 
Bumi mana? Jadi UP*L...
2. Bintang Pollux
Pollux merupakan bintang raksasa berwarna jingga yang berjarak 34 tahun cahaya dari bumi.  Bintang ini memiliki besar 40 kali dari Matahari atau sekitar 5,564,000 km. Tingkat Kecemerlangan sebesar 32 kali dari matahari yang artinya bintang ini 32 kali lebih terang daripada matahari. Bintang ini diperkirakan lebih tua daripada Matahari.

pollux
3. Bintang Rigel
Rigel merupakan bintang paling terang ketujuh dilangit malam. Jarak bintang ini sekitar 770 tahun cahaya dari bumi.
Radius bintang ini sebesar 78 kali lebih besar dibandingkan matahari atau sekitar 54,250,000 km.
rigel
4. Bintang Anthares

Antares merupakan salah satu bintang yang berada di rasi bintang Scorpio. Radius bintang ini jauh lebih besar dari matahari yaitu 883 kali lebih besar atau Sekitar 614,568,000 km. Jarak bintang ini sekitar 550-600 tahun cahaya dari bumi. Jadi jika kamu mau menuju bintang ini butuh waktu sekitar 770 tahun. wauw....
Bintang ini juga berperan sebagai tata surya planet-planet lain yang ada di galaxy.

anthares 
 
Mataharinya mana?  jadi titik kecil :D
Inilah beberapa bintang yang lebih besar daripada bintang matahari. Masih banyak Milyaran bahkan triliunan bintang di galaxy yang lebih besar daripada matahari. Untuk membahasnya kita tidak akan selesai walaupun  dibutuhkan waktu bertahun-tahun. 
Belakangan ini banyak diberitakan bahwa NASA menemukan planet-planet yang mirip dengan bumi, dan memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan bumi. bahkan kemungkinan besar dapat ditinggali oleh manusia. Planet-planet tersebut mengorbit pada bintang-bintang yang jauh lebih besar. Seperti contoh planet glise304. satu bulan di planet ini sebanyak 40 hari, dan satu hari di planet ini sekitar 35 jam.
Pernahkah kalian membayangkan planet-planet yang mengorbit pada bintang-bintang diatas juga memiliki peradaban kehidupan makhluk Tuhan seperti yang ada di BUMI seperti manusia? Wallahu a'lam
Previous
Next Post »