Beberapa hal yang lebih besar daripada dosa

sumber: mediblock.blogspot.com
beberapa ulma pernah mengemukakan adanya hal yang lebih besar dan diatas lebih tinggi daripada dosa. Ibnu abbas rodiallohu’anhu juga pernah menguraikan adanya hal tersebut.

                Berikut ini adalah beberapa hal yang lebih besar daripada dosa

MEREMEHKAN DOSA
Orang yang tidak menyesal setelah berbuat dosa, bahkan justru seseorang tersebut menganggap dosa itu biasa saja. Menganggap dosa itu kecil, menganggap dosa itu tiada artinya. Ini lah salah satu yang lebih besar dari dosa.

MENYESAL KARENA TIDAK BISA BERBUAT DOSA
Hal yang lebih besar daripada dosa selanjutnya adalah jika seseorang menyesal karena tidak melakukan dosa. Contohnya kebiasaan dosa yang dilakukan sehari-hari menjadi mengenak-kan, dia akan menyesal jika suatu hari belum melakukan dosa.

SENANG KARENA DOSA
Merasa ceria dan merasa gembira setelah melakukan dosa. Merasa bahagia setelah berbuat dosa. Hidup terasa lebih nyaman setelah melakukan dosa.

MERASA BIASA SAJA TERHADAP ALLOH
Saat dia berbuat dosa justru terasa biasa saja. Tidak merasa bahwa ALLOH selalu mengawasi. Ia menganggap bahwa ALLOH tidak tahu dan akan mendiamkan begitu saja. Ia menganggap bahwa ALLOH tidak akan menyiksa nya dan membalasnya di akhirat. Hal inilah yang lebih besar dari dosa.

MERASA TENTRAM SETELAH BERBUAT DOSA
Ia menganggap bahwa dosa bukanlah jadi masalah, justru membuat dirinya tentram.

MEMAMERKAN DOSA
Memamerkan dosa, mempraktekkan dosa. Memberitahu dengan sangat bangga bahwa dirinya sudah berbuat dosa. “hal ini sudah banyak terjadi di kalangang anak muda”.

MENGAJAK ORANG LAIN BERBUAT DOSA
Berbuat dosa tidak hanya untuk dirinya sendiri bahkan belum puas jika belum mengajak orang lain berbuat dosa. Dirinya tidak sadar jika hal  ini dilakukan maka dosa nya dua kali lipat, yaitu  dosa dari dia sendiri dan dari orang yang sudah di ajak berdosa. Hal ini sangat besar daripada dosa.
Previous
Next Post »